Learning Exchange

Tim perwakilan YKAN, DDPI, YASIWA, Yayasan LILIN, BIOMA, BUMI, dan YML melakukan kunjungan di Kalimantan Tengah untuk pemahaman praktik agroforestri di lahan gambut, budidaya lebah madu, dan diskusi dengan Masyarakat Peduli Api sekitar Taman Nasional Sebangau.

 Jenis pohon endemik di lahan gambut Kalimantan Tengah mencakup Daun Seribu (Karambuku) dan Jelutung Rawa. Daun Seribu (Baeckea frutescens) dari keluarga jambu-jambuan Myrtaceae. Berdasarkan referensi, daun bisa direbus menjadi teh penyegar. Jenis tumbuhan ini di gunakan oleh PT SidoMuncul sebagai bahan baku herbal. Penanaman jelutung rawa/pantung (Dyera lowii) sebanyak 1.200 bibit pada tahun 2004, bibit didapatkan dari Balai Penelitian Banjar Baru. Persiapan lahan gambut melibatkan pembersihan, pencangkulan, dan pengumpulan akar-akar pohon kecil, yang kemudian dibakar secara bertahap. Lahan diolah dengan mencampur tanah mineral, pupuk kandang, dan kapur pada setiap lubang tanam.

 Kunjungan ke sentra pengembangan lebah madu di Kalimantan Tengah memberikan wawasan tentang praktik budidaya lebah madu. Ada sekitar 100 kelompok pembudidaya madu yang menghasilkan 500-1000 kg madu/bulan. Sumber pakan lebah termasuk bunga kayu kaliandra dan gelam. Jenis lebah mencakup Apis dorsata, Apis mellifera, Apis cerana, dan lebah kelulut (Heterotrigona itama).

 Madu kelulut bervariasi warna dan rasa tergantung pada sumber pakan. Hasil penelitian, madu berwarna terang memiliki kandungan vitamin C, fosfor dan kalsium dengan kadar lebih tinggi, sedangkan madu berwarna gelap memiliki kandungan gula pereduksi, protein, karbohidrat, vitamin B6, magnesium, zinc dan zat besi lebih tinggi. Harga madu kelulut dari kelompok KTH Lima Bersaudara: Rp 60.000 (100 ml), Rp 120.000 (200ml), Rp 200.000 (500 ml) dan Rp 380.000 (1 liter).

 Perjalanan ditutup, dengan menyusuri Sungai Koran yang didominasi oleh tumbuhan Rasau (Pandanus helicopus) salah satu jenis pandan yang bisa tumbuh tinggi beberapa meter. Sungai Koran memberikan wawasan mendalam tentang pemahaman keanekaragaman hayati dan keberlanjutan ekosistem gambut.

 


Tinggalkan Komentar